PG/VG Atau VG/PG, Mana Yang Benar?

Tips & Trick 0 Responses
PG/VG Atau VG/PG, Mana Yang Benar?

Pada saat kita membeli sebuah liquid, seringkali kita mendapati tulisan 60/40 ataupun 40/60 tanpa penjelasan lebih lanjut, apakah itu maksudnya PG/VG atau VG/PG?

Apabila kamu termasuk salah satu pengguna rokok elektrik veteran, pastinya kamu ingat di masa lalu, sekitar tahun 2010 sampai dengan tahun 2014, device rokok elektrik yang umum digunakan, hampir tidak ada yang dapat digunakan dengan liquid yang sangat kental (VG yang tinggi membuat liquid menjadi jauh lebih kental).

Tabung rebuildable yang dijual pada masa itu, mempunyai saluran udara (airhole) yang sangat kecil dibandingkan tabung keluaran masa kini. Dan memiliki lubang keluar masuk liquid yang kecil agar tidak mudah bocor. Masa itu adalah masa-masa awal berkembangnya industri rokok elektrik, dan memiliki sebuah device yang mampu memberikan power sampai 15 watt saja sudah dianggap sangat mewah. Pada masa itu, mechanical mod menjadi sangat terkenal karena dapat memberikan power yang jauh lebih tinggi dibandingkan regulated device. Kebalikan dari sekarang.

Keterbatasan teknologi rokok elektrik pada masa itu menyebabkan liquid yang beredar di pasaran semuanya menggunakan Propylene Glycol (PG) yang lebih banyak dibandingkan Vegetable Glycerin (VG). Yang membuat semua liquid pabrikan menggunakan konvensi penulisan standar PG/VG, seperti 80/20 ataupun 70/30, dikarenakan pada masa itu, PG jauh lebih banyak dipakai untuk VG.

Menghisap Rokok Elektrik Dengan Teknik Mouth To Lung Inhale

Menghisap Rokok Elektrik Dengan Teknik Mouth To Lung Inhale

Tips & Trick 0 Responses

Teknik menghisap dari mulut ke paru-paru, dalam bahasa inggris Mouth To Lung Inhale, dan sering disingkat dengan MTL, adalah sebuah teknik menghisap rokok elektrik dengan cara mengisi mulut kamu terlebih dahulu dengan sebuah hisapan santai dan panjang, dan kemudian menghirupnya ke dalam paru-paru. Ini adalah cara yang umum dilakukan untuk menghisap dan menikmati rokok tembakau. Para vaper yang sudah lama menggunakan rokok elektrik, akan sangat familiar dengan Teknik Mouth To Lung ini, karena pilihan produk awal rokok elektrik sangat terbatas, dan hanya bisa digunakan dengan nyaman menggunakan teknik ini.

Sensasi menggunakan Teknik Mouth To Lung ini akan terasa lebih lembut, karena uap akan berada di mulut lebih lama dibandingkan Teknik Direct Lung, dan rasa (flavor) yang dihasilkan akan terasa lebih jelas. Cerutu dan rokok tembakau biasanya dinikmati dengan teknik ini, maka dari itu Teknik Mouth To Lung ini akan lebih berguna untuk kamu yang ingin berhenti merokok tembakau. Chain Vaping, menikmati rokok elektrik dengan terus menerus, akan terasa lebih nikmat dengan teknik ini, karena teknik ini menghasilkan rasa gatal di tenggorokan (throat hit) yang rendah, terutama apabila kamu menggunakan liquid yang mengandung nikotin.

Teknik Mouth To Lung ini dapat dilakukan dengan baik menggunakan tabung yang menggunakan coil head plus-ohm (di atas 1.2 ohm), tenaga baterai yang rendah (di bawah 15 watt), dengan drip tip yang mempunyai lubang diameter yang kecil. Kamu juga dapat menikmati liquid dengan kadar Propylene Glycol (PG) yang tinggi (sampai dengan 100% PG), dengan kadar nikotin yang tinggi.

Menghisap Rokok Elektrik Dengan Teknik Direct Lung Inhale

Menghisap Rokok Elektrik Dengan Teknik Direct Lung Inhale

Tips & Trick 0 Responses

Teknik menghisap langsung ke paru-paru, dalam bahasa inggris Direct Lung Inhale, dan sering disingkat dengan DL atau DLI, adalah sebuah teknik menghisap rokok elektrik dengan cara langsung menghisap secara kencang ke dalam paru-paru. Seperti pada saat kamu menghirup dalam-dalam udara segar di pagi hari, dan dapat diibaratkan dengan apabila kamu menghirup udara yang ada di dalam balon.

Teknik Direct Lung ini memberikan sensasi yang jauh lebih besar dibandingkan Teknik Mouth To Lung (MTL), meskipun terkadang dapat terasa sangat berlebihan. Cara terbaik untuk melakukan Teknik Direct Lung ini adalah dengan memanaskan liquid dengan temperature tinggi, dan dilakukan dengan cepat untuk menghindari uap panas yang dapat dihasilkan rokok elektrik kamu.

Untuk dapat menggunakan Teknik Direct Lung secara nyaman, sangat disarankan untuk memakai liquid dengan tingkat nikotin dan Propylene Glycol (PG) yang rendah, agar rasa gatal di tenggorokan (Throat Hit) tidak menjadi terlalu berlebihan.

Untuk menggunakan Teknik Direct Lung secara nyaman, kami merekomendasikan untuk menggunakan:

Liquid dengan level nikotin 6 mg. Makin rendah level nikotin makin baik.
Liquid dengan campuran PG/VG setidaknya 40/60. Makin besar VG makin baik.
Atomizer dengan coil head sub-ohm, setidaknya 0.5 ohm. Makin rendah makin baik.

Apabila kamu menggunakan atomizer dengan coil head plus-ohm, seperti 1.2 ohm, kamu tetap dapat melakukan Teknik Direct Lung ini, hanya saja sensasi yang didapatkan tidak akan maksimal.

Loading...