Sekilas Tentang Propylene Glycol (PG)

Sekilas Tentang Propylene Glycol (PG)

Health Issue 1 Responses

Propylene Glycol, atau sering disingkat dengan PG, adalah produk turunan dari Petroleum. Cairan ini tidak mempunyai bau dan warna. Di dalam dunia rokok elektrik, Propylene Glycol seringkali digunakan untuk memberikan sensasi ‘throat hit’, yang diasosiasikan dapat memberikan sensasi dan pengalaman yang sama dengan merokok tembakau.

Propylene Glycol juga dapat mengikat rasa (flavor) dengan lebih efektif dibandingkan Vegetable Glycerin, yang berarti Propylene Glycol adalah basis cairan yang paling sering digunakan untuk mengikat konsentrat rasa dan juga nikotin.

Bagaimana Propylene Glycol Dipakai?

Propylene Glycol dapat ditemukan dalam berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti contohnya:

  • Inhaler Asma
  • Produk kesehatan yang digunakan secara oral (ditelan), disuntik, ataupun sebagai formulasi topical.
  • Produk kesehatan, seperti rias wajah, sampo, dan tisu bayi.
  • Makanan hewan.

Apakah Propylene Glycol Aman?

Berbagai penelitian membuktikan bahwa Propylene Glycol aman untuk dikonsumsi, dan FDA telah mengklasifikasikan Propylene Glycol sebagai “Generally Recognized as Safe” untuk digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Dalam penelitian jangka panjang yang dilakukan pada tahun 1947, menghirup Propylene Glycol disimpulkan tidak memiliki efek apapun terhadap tubuh manusia.

Hasil penelitian tersebut dapat dilihat di link berikut:
http://jpet.aspetjournals.org/content/91/1/52.abstract

Banyak juga media massa yang melakukan pembohongan publik, dengan memberikan pernyataan bahwa Propylene Glycol adalah zat beracun yang digunakan sebagai zat anti beku (anti-freeze). Akan tetapi, fakta sebenarnya adalah, bahwa zat yang dimaksud tersebut adalah Ethyl Glycol, sebuah zat yang mirip dengan Propylene Glycol, tapi sebenarnya tidak mempunyai keterkaitan apapun dan tidak digunakan sama sekali dalam rokok elektrik.

Apa Yang Harus Saya Ketahui Tentang Menghisap Propylene Glycol?

Beberapa orang merasakan bahwa Propylene Glycol sangat mengiritasi tenggorokan mereka. Alergi terhadap Propylene Glycol sangatlah jarang ditemui, tapi mungkin saja kamu termasuk salah satu di antaranya. Apabila kamu merasa gatal, ataupun merasa tidak nyaman setelah menggunakan liquid yang mengandung banyak Propylene Glycol di dalamnya, kamu dapat memilih liquid dengan 100% VG sebagai gantinya. Sudah banyak liquid yang beredar di pasaran menawarkan liquid dengan 100% VG, ataupun MAX VG.

Efek samping dari berhenti mengkonsumsi rokok tembakau, dan mulai mengkonsumsi Propylene Glycol adalah mulut kering, sakit tenggorokan, dan rasa haus yang berlebihan. Efek samping ini biasanya dapat terjadi selama beberapa hari sampai beberapa minggu sampai tubuh beradaptasi sepenuhnya. Disarankan untuk banyak meminum air putih selama proses adaptasi ini berlangsung.